Home » » Pak Suharto Meninggal Dunia

Pak Suharto Meninggal Dunia

Bekas Presiden Indonesia, Muhammad Suharto yang memerintah Indonesia selama 32 tahun, meninggal dunia pada 27 Januari 2008 di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP).

Beliau meninggal dunia pukul 1.10 petang (2.10 petang waktu Malaysia) setelah berada dalam keadaan kritikal dan koma sejak awal pagi semalam.
.......................

Dari Wikipedia

Jenderal Besar Purnawirawan Soeharto, (ER, EYD: Suharto), atau juga dikenal sebagai Haji Muhammad Soeharto (lahir di Kemusuk, Argomulyo, Yogyakarta, 8 Juni, 1921 - Jakarta, 27 Januari, 2008) adalah Presiden Indonesia yang kedua, menggantikan Soekarno. Secara informal, "Pak Harto" juga dipakai untuk menyapanya.

Ia mulai menjabat sejak keluarnya Supersemar pada tanggal 12 Maret 1967 sebagai Penjabat Presiden, dan setahun kemudian dilantik sebagai Presiden pada tanggal 27 Maret 1968 oleh MPRS.


Soeharto dipilih kembali oleh MPR pada tahun 1973, 1978, 1983, 1988, 1993, dan 1998. Pada tahun 1998, masa jabatannya berakhir setelah mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei tahun tersebut, menyusul terjadinya Kerusuhan Mei 1998 dan pendudukan gedung DPR/MPR oleh ribuan mahasiswa. Ia merupakan orang Indonesia terlama dalam jabatannya sebagai presiden.

Soeharto menikah dengan Siti Hartinah ("Tien") dan dikaruniai enam anak, yaitu Siti Hardijanti Rukmana (Tutut), Sigit Harjojudanto, Bambang Trihatmodjo, Siti Hediati Hariyadi (Titiek), Hutomo Mandala Putra (Tommy), dan Siti Hutami Endang Adiningsih (Mamiek).

.............................................


Moga Allah mengampuni segala dosa-dosa Pak Suharto dan merahmati ke atas rohnya. Walaupun setelah persaraannya dihimpit pelbagai kontroversi, kita yang masih hidup ini janganlah mengenang segala hal yang buruk-buruk sahaja, tetapi kenanglah jasa-jasa baiknya semasa hidup. Pak Suharto banyak berjasa dalam merukunkan hubungan Malaysia-Indonesia semasa hayatnya.

Takziah buat ahli keluarga.



0 Komen:

Catat Ulasan

Affiliates

 
Chatroom